Analisis seni rupa Raden Shaleh Boestaman

 Pendahuluan 

Saya memilih Pelukis Indonesia "Raden Shaleh Sjarif Boestaman" Kelahiran tahun 1814 - 1880 adalah pelukis Indonesia beretnis Arab-Jawa yang menjadi pionir seni modern Indonesia. Lukisannya merupakan perpaduan Romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu dengan elemen-elemen yang menunjukkan latar belakang Jawa si pelukis Tokoh romantisme Delacroix dinilai memengaruhi karya-karya berikut Raden Saleh yang jelas menampilkan keyakinan romantismenya. Saat romantisme berkembang di Eropa di awal abad 19, Raden Saleh tinggal dan berkarya di Prancis (1844 - 1851).
Sebagai pelukis Jawa yang dibesarkan di dunia barat, Raden saleh memiliki
ikatan khusus terhadap pemerintah kolonial. Dukungan finansial semasa tinggal di
Belanda dari pihak kolonial membuat Raden Saleh berhutang budi. Selain studi
keilmuan barat, Raden Saleh juga memperoleh teman – teman bangsawan dari
residensi nya di Belanda, sehingga pengaruh dunia barat terhadap Raden Saleh
cukup besar. Sering kali Raden Saleh melukis untuk para bangsawan eropa yang
memberikannya keuntungan – keuntungan diplomatis. Namun dari semua
keberpihakannya terhadap barat, Raden Saleh menyelipkan sebuah misteri dalam
lukisannya yang menceritakan tentang penangkapan Pangeran Dipanegara. Karya
yang diduga merupakan sebuah karya apropriasi dari karya serupa milik Nicolaas
Pieneman adalah merupakan sebuah bentuk perlawanan dalam keberpihakannya.
Pasalnya banyaknya metafora yang diselipkan pada lukisan tersebut yang boleh
jadi memiliki unsur sarkastik yang menunjukan rasa nasionalisme Raden Saleh.
Keilmuan semiotika dan sejarah akan membantu pembacaan makna dari lukisan
tersebut.
Mahakarya Raden Shaleh Sjarif Boestaman :



Apabila ada kesalahan, mohon di perbaiki, terima kasih 


Ahmad Rizky Hutajulu  - NPM 202046500276 - R4E - DKV Unindra 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semiotika dalam kehidupan sehari-hari

Literatur jurnal dan youtube Denny Sumargo